Kisah dan Asal Usul Berdirinya Bangunan Indah : Patung Liberty

Kisah dan Asal Usul Berdirinya Bangunan Indah : Patung Liberty – Amerika Serikat identik dengan icon –nya yang sangat terkenal diseluruh dunia. Yupss, benar guys Patung Liberty.

Patung Liberty merupakan sebuah patung yang berbentuk seseorang yang tengah mengacungkan obor dan membawa buku.

patung

Patung ini terletak di pulau Liberty, Hutson, New York. sesuai namanya. Menurut sejarah yang tercatat patung ini merupakan patung yang diberikan oleh pemerintah Perancis kepada Amerika pada abad ke 19 tepatnya pada tahun 1875 sebagai hadiah.

Banyak tokoh Perancis yang sangat berpengaruh untuk Amerika Serikat. Sebagai contoh adalah Marquis de Lafayette yang merupakan teman baik dari George Washiongton.

Ia menjadi perwira tinggi untuk negara tersebut. Kemudian pada tahun 1865 beberapa orang-orang Perancis yang berpengaruh di Amerika Serikat menentang kekuasaan Napoleon III. Edouard Rene de Lefebvre seorang intelek Perancis mencetuskan sebuah ide untuk memberikan sebuah kenang-kenangan kepada Amerika Serikat.

Ide tersebut ia kemukakan saat tengah makan malam dengan kaum intelek-intelek Perancis lainnya. Monumen tersebut ia kemukakan sebagai hadiah dari sebuah peringatan abadi untuk mengenang kemerdekaan Amerika Serikat yang kemudian ia juga mencetuskan bahwa dalam hal ini Perancis juga dianggap telah berdikasi dalam kebebasan manusia dalam kasus ini adalah keberhasilan Perancis membuat Amerika menghilangkan sistem perbudakan manusia.

Kemudian seorang pemtung bernama Frédérik-Auguste Bartholdi yang bersasal dari daerah Colmar, Alsace, Perancis merealisasikan gagasan tersebut dalam Patung Liberty yang tercipta hingga sekarang. Ia memulai perjalanannya pada tahun 1871 menuju New York.

Sesampainya di Amerika Bartholdi sangat terkagum-kagum dengan negara tersebut. Ia menuangkan ide tentang kekagumannya pada sebuah patung yang sangat luar biasa. Patung ini memiliki tinggi hamper 305 kaki dan menjadi patung tertinggi di Amerika Serikat.

Lengan patung tersebut mempunyai panjang 9.1 meter yang bahkan dapat dipanjat pengunjung umum dengan harga tiket masuk sebanyak 50 sen saja, mekanismenya adalah pengunjung dapat dengan mudah memanjat tangga baja yang akan menghubungkannya dengan daerah sekitar obor.

Pembangunan monument ini menghabiskan dana yang tidak sedikit. Dan awal dibangun patung ini dibangun di Paris, Perancis yang kemudian dibawah menuju Amerika Serikat. Bahkan hingga kini Patung tetap menjadi patung yang fenomenal diseluruh dunia.

Baca Juga : 5 Penjahat Paling Kejam di Dunia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *