Fakta Unik Tentang Infeksi Jamur

Fakta Unik Tentang Infeksi Jamur – Hampir setiap pasien yang datang ke klinik ginelogi mengeluhkan tentang kondisi gatal-gatal yang dialami.

Bahkan prosentasinya mencapai 40% dari total pasien yang datang. Selain rasa gatal, banyak pasien juga mengeluhkan tentang keputihan.

a

Salah kemungkinan penyebab timbulnya masalah tersebut adalah adanya infeksi jamur yang terdapat pada organ reproduksi. Karenanya, penting untuk menjaga kondisi alat reproduksi tetap kering agar terhindar dari kemungkinan terkena infeksi jamur.

Dengan kondisi cuaca Indonesia yang termasuk dalam iklim tropis, jamur merupakan hal yang biasa ditemui, bahkan dalam anggota tubuh sekalipun.

Pada anggota tubuh manusia, kondisi jamur yang berkembang akan menyebabkan berbagai masalah kesehatan, umumnya berkaitan dengan kulit.

Paling umum, jamur akan menyebabkan rasa gatal dan keputihan bagi kebanyakan orang. Sayangnya, kondisi seperti ini sering kali diremehkan oleh sebagian orang.

Untuk mengetahui fakta yang berhubungan dengan infeksi jamur, simak penjelasan berikut ini.

Perempuan lebih beresiko

Pada beberapa kesempatan, wanita lajang juga mempunyai resiko terkena infeksi jamur. Apalagi jika perempuan ini beraktifitas hingga mengeluarkan keringat.

Kondisi ini disebabkan bentuk lorong vagina yang selalu lembab. Kelembaban inilah yang memicu berkembangnya jamur.

Candida dan aspergilosis

Candida merupakan jenis paling umum yang sering menyeram manusia. Jenis ini sangat mudah berkembang tidak hanya di bagian vagina, namun juga di daerah lain seperti lipatan tubuh. Sedangkan aspergilosis adalah jamur berbahaya dan hanya menyerang ketika imun menurun.

Infeksi dan sex

Infeksi jamur pada area genital bisa jadi disebabkan oleh hubungan sex yang tidak sehat dan steril.

Terlebih jika salah satu pasangan sudah terinfeksi jamur. Alangkah baiknya untuk membatasi berhubungan sex ketika mengalami gejala infeksi jamur.

Ketidak-suburan

Sebenarnya, tidak hanya terbatas pada infeksi jamur penyebab kemandulan. Infeksi apapun yang terjadi pada daerah vagina dapat mengakibatkan kemandulan pada wanita. Jamur dan keputihan dianggap dapat menghalangi bertemunya sperma dan sel telur.

Pengobatan

Jika gejala infeksi jamur sudah mulai terdeteksi, ada baiknya untuk segera melakukan tindakan pertama berupa mencuci hingga bersih kemudian keringkan.

Obat anti jamur seperti intravginal hanya diperboleh penggunaanya bagi wanita yang sudah menikah dan di bawah pengawasan dokter. Konsultasikan dengan klinik terdekat untuk mencari jenis pengobatan yang tepat.

Baca Juga : Beberapa Mitos Besar di Dunia yang Terjadi di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *