Fakta Unik Tentang Hewan Cumi-Cumi

Fakta Unik Tentang Hewan Cumi-Cumi – Cumi-cumi merupakan salah satu hewan laut yang sering dijadikan sebagai lauk makanan.

Hewan ini memiliki rasa yang lezat juga kandungan gizi yang baik bagi kesehatan tubuh. cumi-cumi tersebut mengandung vitamin B 12, selenium ribolfanin, dan masih banyak lagi gizi yang lainnya yang mampu memenuhi asupan kebutuhan gizi yang diperlukan oleh tubuh.

cumi cumi

Cumi-cumi dapat dibuat menjadi beragam masakan sehingga banyaknya variasi tersebut menjadikan cumi-cumi sebagai makanan favorit. Lalu bagimana tentang kehidupan cumi-cumi sebenarnya ?

Cumi-cumi merupakan salah satu hewan yang tergolong kedalam kelompok Cephalopoda besar. Hal ini dikarenakan hewan tersebut memiliki bentuk tubuh yang terpisah dengan kepalanya.

Hewan ini juga tiak memiliki tulang belakang sehingga dikategorikan sebagai invertebrata. Umumnya cumi-cumi dapat dengan mudah ditemukan dilaut dan biasanya hidup berkelompok.

Untuk bertahan hidup, hewan laut tersebut memangsa hewan-hewan kecilnya sebagai makanannya yang biasa berada dan menyembukan diri di terumbu karang. Saat akan menagkap mangsanya, cumi-cumi akan menyamarkan warna tubuhnya menjadi seperti lingkungan yang ada disekitarnya.

Hal tersebut membuat mangsanya tidak menyadari kehadiran cumi-cumi tersebut dan dengan sigap cumi-cumi bergerak menangkap mangsanya untuk dimakan.

Umumnya tubuh cumi-cumi berukuran 5,1 m hingga 15 m. Cumi-cumi tersebut memiliki beragam jenis spesies yang biasanya memiliki perbedaan dari ukuran besar tubuhnya.

Semua hemwan cumi-cumi memiliki bentuk tubuh yang menyerupai tabung dengan kepala dan 10 tangan yang berukuran panjuang dan berfungsi sebegai penghisap sama seperti gurita. Tangan- tangan cumi tersebut berfungsi untuk menggerakan tubuhnya  dan menampkan mangsanya.

Selain itu terdapat pula persamaan lainnya dengan  hewan gurita bahwa cumi-cumi disebut memiliki tiga jantung yang masing-masing memiliki peranan.

Dua jantung berada di dekat insangnya sedangkan satu jantung yang lain berada pada bagian dalam tubuhnya.

Di dalam habitatnya cumi-cumi dapat memancarkan cahaya yang dihasilkan dari organ tubuhnya yang terletak pada bagian depan kepalanya.

Cahaya tersebut berguna dalam pencarian makanan khususnya pada malam hari sehingga cumi-cumi tersebut dapat dengan mudah melihat dan menangkap mangsanya.

Disaat cumi-cumi merasa sedang terancam oleh kehadiran predator ia akan mengeluarkan tinta dan menyemprotkannya kepada musuh hingga musuh tersebut terhalangi pandangannya dan cumi-cumi dapat mudah melarikan diri.

Baca Juga : Kehidupan dan Hal Unik Seputar Burung Hantu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *