Fakta Unik dan Aneh Tentang Menangis

Fakta Unik dan Aneh Tentang Menangis – Menangis adalah reaksi normal dari tubuh dalam merespon sesuatu diluar kendalinya.

Perilaku menangis paling sering dilakukan oleh kaum perempuan dan anak-anak. Entah berhubungan atau tidak, namun hal ini sudah teruji sepenuhnya melalui penelitian. Menangis adalah cara biasa dalam mengungkapkan emosi.

menangis

Menangis umumnya lebih sering dilakukan oleh kaum wanita daripada kaum pria. Kejadian ini kemungkinan lebih disebabkan karena wanita sering menggunakan emosi dalam menyikapi suatu masalah.

Ketika seorang wanita atau laki-laki menghadapi persoalan yang sama, anehnya wanita lebih sering menangis dan tersentuh hatinya daripada pria.

Perbedaan seperti inilah yang masih menjadi teka-teki untuk berbagai penelitian. Selain itu, kenapa menangis hanya bisa terjadi ketika sedang mengalami kejadian yang buruk saja dan tidak bisa dikeluarkan sewaktu-waktu.

Beberapa fakta seperti itulah yang membuat menangis selalu menjadi bahan pertanyaan. Selain fakta tersebut, ternyata ada manfaat tentang menangis.

Membuat perasaan lega

Salah satu efek menangis yang paling terasa adalah perasaan menjadi lega. Menangis dapat dipicu oleh berbagai keadaan yang tidak mendukung sehingga muncullah tangisan.

Dan setelah menangis perasaan kemudian berubah menjadi lega. Setelah dilakukan penelitian tentang hal ini, diketahui bahwa sistem saraf, otak dan jantung akan bekerja lebih lancar.

Mengurangi stress

Setiap orang pasti pernah mengalami stress, dan stress dapat memicu seseorang menangis. Tapi, bagaimanakah stress dapat mengurangi stress tersebut.

Dari studi menyatakan bahwa hormone penyebab stress yang diproduksi oleh endorphin akan ikut terbawa keluar melalui air mata. Hasilnya, tubuh akan merasa seperti segar kembali.

Mengeluarkan racun

Air mata yang keluar tidak selalu sama kandungannya, hal ini dipengaruhi sepenuhnya oleh pemicu tangisan tersebut.

Menangis yang dipicu oleh keadaan emosi akan mengandung racun. Fakta ini dipeoleh melalui penelitian yang dilakukan oleh ahli biokimia. Karenanya, sebisa mungkin jika emosi, akhirilah dengan menangis aga perasaan menjadi lega.

Merubah mood

Menangis juga bisa menurunkan kadar depresi seseorang sehingga mood akan kembali menjad lebih baik lagi.

Keluarnya air mata yang dperoleh dari rasa emosi memiliki tingkat albumin yang mencapai hingga 24%. Dan hal ini berkebalikan dengan air mata yang dihasilkan oleh iritasi. Peningkatan mood akan membantu tubuh dalam melakukan metabolisme.

Menghilangkan kuman

Jika suatu saat mengalami gatal atau perih, gunakan air mata untuk membersihkannya. Terdengar sedikit susah memang.

Namun cari ini dinilai lebih aman dan alami dibandingkan dengan menggunakan obat tetes mata. Air mata mempunyai kandungan antibakteri alami berupa lisozom yang dapat menghilangkan bakteri hingga 95%.

Membersihkan mata

Cairan yang dikeluarkan oleh mata dapat membantu mata agar tetap terhidrasi sehingga terhindar dari resiko kekeringan.

Hasilnya, mata akan tetap menjadi sehat dan terhindar dari kemungkinan rabun. Membran mata yang selalu terjaga akan membuat mata selalu waspada. Maka tidak salah jika air mata juga berguna untuk membersihkan mata.

Baca Juga : Air Zam-zam Dengan Segala Keajaibannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *