Daftar Koin yang Memiliki Nilai Tinggi

Daftar Koin yang Memiliki Nilai Tinggi – Sejarah bangsa Indonesia tidak terlepas dari masa penjahahan Belanda, termasuk dalam sendi kehidupan utamanya masalah perekonomian.

Pada masa penjahahan, salah satu penggerak sektor  ekonomi adalah dengan hadirnya uang sebagai alat tukar.

koin

Sampai sebelum penjajah datang, alat tukar yang berlaku di tanah air masih menggunakan barter. Belanda kemudian memperkenalkan mata uang Gulden sebagai alat pembayaran yang sah.

Baca Juga : Program dan Acara TV Paling Ekstrim Di Dunia

Setelah Belanda tersingkir dari tanah pribumi, masuklah Jepang dengan segala peraturannya. Jepang pun mengganti mata uang yang beredar dengan rupiah Jepang.

Setelah Indonesia merdeka, rupiah Jepang kemudian berganti nama menjadi Oeang Repoeblik Indonesia (ORI). ORI lalu digunakan secara luas oleh penduduk Indonesia mulai tahun 1946. Dari peristiwa inilah kemudian muncul pecahan rupiah yang berlaku hingga sekarang.

Daftar koin dari Indonesia yang bernilai tinggi

Pada saat uang resmi dikeluarkan, berbagai pecahan sudah beredar dengan berbagai nominal. Pada saat ini, berbagai pecahan uang tersebut justru menjadi banyak incaran kolektor.

Tidak hanya dari segi keuntungan yang didapatkan, alasan lain adalah peristiwa yang terkait dengan pecahan uang tersebut. Berikut adalah pecahan uang yang bernilai tinggi.

  1. Koin pecahan 200 rupiah

Dibuat pada tahun 1970, uang pecahan 200 rupiah dibuat secara terbatas dan hanya berjumlah 5.100 keping saja.

Terdapat burung cendrawasih pada sisi koin, sedang sisi lainnya adalah burung garuda. Memiliki kadar perak hingga 99,99% dan dihargai sampai dengan Rp. 500.000.

  1. Koin pecahan 250 rupiah

Dibuat dengan tahun yang sama, uang ini diproduksi terbatas hanya sekitar 5.000 keping. Pecahan 250 rupiah mempunyai berat 10 gram dan kandungan perak 99,99%. Hampir sama dengan pecahan 200 rupiah, kepingan ini juga dihargai sekitar Rp. 500.000.

  1. Koin pecahan 500 rupiah

Hanya berbeda sedikit dengan pecahan 250 rupiah, pecahan 500 rupiah waktu dibuat hanya berjumlah 4.800 keping saja.

Terdapat gambar seorang wanita sedang menari, pada bagian satunya adalah burung garuda. Pecahan 500 rupiah saat ini dihargai hingga Rp. 600.000.

  1. Koin pecahan 750 rupiah

Dari segi berat, pecahan 750 rupiah mempunyai bobot 30 gram. Corak khas dari koin ini adalah gambar patung khas Bali.

Dibuat pada tahun 1970, pecahan koin dimaksudkan untuk memperingati 25 tahun kemerdekaan. Koin ini sekarang berharga Rp. 700.000 tiap keeping.

  1. Koin pecahan 1.000 rupiah

Ciri fisik dari pecahan 1.000 rupiah adalah gamar Panglima Sudirman dan burung garuda sebagai lambang Indonesia.

Berat total dari koin ini adalah 40 gram dan memiliki kandungan perah mencapai 99,99%. Pecahan ini hanya diproduksi 4.250 koin dan harganya bisa mencapai 1 juta.

Baca Juga : Sapi Paling Tinggi dan Paling Pendek di Dunia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *