Daerah yang Memiliki Curah Hujan Paling Tinggi di Indonesia

Daerah yang Memiliki Curah Hujan Paling Tinggi di Indonesia – Sebagai negara yang termasuk dalam katulistiwa, Indonesia hanya mempunyai dua musim yaitu kemarau dan penghujan.

Tidak semua wilayah di Indonesia mempunyai waktu yang sama dalam menghadapi kedua musim tersebut.

hujan

Ketika musim penghujan tiba, sebagian wilayah Indonesia sudah masuk musim penghujan sebagian lagi belum. Hal ini dikarenakan tiap daerah memiliki karakteristik sendiri.

Hujan juga dipengaruhi oleh letak geografis suatu wilayah. Letak geografis juga akan mempengaruhi tinggi rendahnya curah hujan.

Sebagai contoh, pantai yang berada di wilayah Indonesia bagian barat memiliki curah hujan yang lebih tinggi daripada pantai yang berada di bagian timur.

Tingkat ketinggian lokasi juga beresiko mendapat curah hujan yang tinggi daripada tempat yang lebih rendah.

Berikut daerah di Indonesia yang memiliki curah hujan paling tinggi

Curah hujan 7.069 m/tahun

Tidak banyak yang tahu bahwa satu-satunya curah hujan paling tinggi sebenarnya terjadi di daerah Baturaden, Jawa Tengah.

Fenomena ini memang sedikit aneh karena Baturaden yang berada di Gunung Selamet bukan merupakan tempat paling tinggi di pulau Jawa.

Curah hujan di atas 3.000 m/tahun

Hujan dengan intensitas 3.000 m/tahun lebih sering terjadi di luar pulau Jawa. Wilayah yang sering mengalami hujan dengan intensitas seperti ini yaitu Kalimantan Tengah, Sumatra Barat, dataran tinggi Irian Tengah. Selain itu, daerah seperti pulau Bali, Lombok, dan Sumba juga mengalami hal sama.

Curah hujan di atas 2.000 m/tahun

Daerah Indonesia yang mengalami intensitas hujan di atas 2.000 m/tahun sangat bervariasi, mulai Kalimantan Selatan dan Timur, Sumatera Timur, sebagian Jawa Tengah dan Jawa Barat.

Sedangkan pada Indonesia bagian timur wilayah yang sering mengalami adalah Sulawesi, Maluku dan sebagian Irian.

Curah hujan di atas 1.000 m/tahun

Daerah dengan intensitas hujan sedang di atas 1.000 m/tahun kebanyakan masih terjadi di Indonesia bagian timur.

Di antara daerah yang mengalami curah hujan sedang yaitu kepulauan Aru dan Tanibar, sebagian Merauke, dan beberapa daerah di Nusa Tenggara.

Curah hujan di bawah 1.000 m/tahun

Sudah menjadi kebiasaan bahwa secara geografis Indonesia timur memang terkenal jarang turun hujan. Beberapa daerah yang sangat ringan curah hujannya yaitu lembah Palu dan Luwuk yang berada di Sulawesi, dan sebagian berada di Nusa Tenggara.

Baca Juga : Tahukan Anda Mengapa Lukisan Monalisa Sangat Berharga?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *