Berikut Cara Unik Menumbuhkan Minat Baca Pada Anak

Berikut Cara Unik Menumbuhkan Minat Baca Pada Anak – Semakin mudahnya teknologi digunakan justru membuat anak-anak merasa termanjakan dengan berbagai kesibukan.

Keadaan seperti ini secara tidak langsung akan mengurangi kegiatan yang bersifat produktif pada anak seperti membaca.

baca

Menumbuhkan minat baca pada anak bisa menjadi sulit jika ada sesuatu yang menghalangi seperti gadget. Berbagai cara dilakukan orang tua untuk menumbuhkan minat baca kadang tidak berhasil sedikitpun.

Berbagai metode mungkin pernah dilakukan orang tua untuk sekedar memuat anaknya mau membaca. Faktanya, metode tersebut ternyata tidak berhasil. Ketidak-berhasilan ini bisa saja disebabkan karena berbagai faktor, salah satunya terlalu biasa.

Anak-anak sangat cepat merasa bosan, ditambah dengan metode ajakan yang biasa akan membuat semakin malas untuk membaca. Diperlukan beberapa hal kreatif untuk menumbuhkan minat baca terhadap anak.

Menggunakan kuda

Adalah warga Purbalingga yang menciptakan salah satu perpustakaan keliling dengan cara yang unik. Ridwan Sururi adalah seseorang yang tergerak hatinya untuk membuat perpustakaan keliling dengan menggunakan kuda.

Berbagai buku yang dipunya selalu dibawa oleh kuda dengan berkeliling dari desa satu ke desa lain. Dalam seminggu, Sururi biasanya berkeliling hingga tiga kali. Kuda yang diberi nama Luna Pria ini selalu membawakan buku yang kotak yang dirancang khusus.

Hingga saat ini, tujuan utama dari perpustakaan keliling Sururi masih menyasar desa-desa terpencil di kaki Gunung Selamet.

Hal ini dikarenakan anak-anak di desa tersebut tidak mempunyai akses untuk mendapatkan buku selain dari sekolah. Kondisi seperti inilah yang memicu motivasi Sururi untuk membuat perpustakaan keliling dengan kudanya.

Perpustakaan ini dinilai sangat membantu oleh masyarakat sekitar karena dapat membantu anak-anaknya untuk menumbuhkan minat baca.

Tidak ada target area yang pasti dari perpustakaan kuda ini. Sururi hanya mengikuti apa kata hatinya ketika akan berkeliling.

Perpustakaan ini selalu mendapatkan sambutan hangat dari anak-anak yang sudah menunggu. Berbagai koleksi buku yang dibawa akan langsung diserbu pembaca. Tidak ada biaya yang dipungut dari transaksi pinjam meminjam buku ini.

Buku perpustakaan hanya bisa dipinjam selama satu minggu dan pada pertemuan berikutnya buku bisa ditukar dengan judul lain. Bukan tanpa sebab, durasi seminggu yang diberikan agar anak termotivasi untuk menyelesaikan membaca buku lebih cepat.

Baca Juga : Daftar Koin yang Memiliki Nilai Tinggi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *